Kamis, 04 November 2010

LAUT TERDALAM DI DUNIA

1. Samudra Pasifik

Samudra Pasifik memiliki panjang lebih dari 15 ribu kilometer yang terbentang dari Laut Bering hingga Laut Ross. Secara geografis, letaknya di sisi utara berbatasan dengan Samudra Artik, di timur adalah Benua Amerika, di selatan berbatasan dengan Antartika, dan di barat adalah Asia dan Australia.

Luasnya mencapai 179,7 juta kilometer persegi. Terdapat ribuan pulau di tengah samudra ini dan mayoritas pada bagian selatan khatulistiwa. Laut-laut yang berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik adalah Laut Sulawesi, Koral, Jepang, Sulu, Tasman, Kuning, Cina Timur, dan Cina Selatan. Samudra Hindia dan Pasifik terhubungkan oleh Selat Malaka.

2. Samudra Atlantik

Luas Samudra Atlantik seperlima dari permukaan bumi. Bentuknya memanjang dari utara ke selatan bumi kemudian dengan adanya garis khatulistiwa maka menjadi Samudra Atlantik Utara dan Selatan. Secara geografis, di barat berbatasan dengan Amerika Utara dan Selatan, di bagian timur adalah Eropa dan Afrika. Terusan Panama merupakan penghubung antara dua samudra, yaitu Atlantik dan Pasifik.

3. Samudra Hindia

Samudra Hindia merupakan gabungan sejumlah lautan, seperti Laut Arab, Teluk Aden, Teluk Persia, Selat Malaka, Laut Merah, Laut Andaman, Great Australian Bight, dan Saluran Mozambik.

Sebanyak dua puluh persen air di dunia berasal dari Samudra Hindia yang berbatasan dengan Benua Asia di selatan, Jazirah Arab dan Afrika di bagian barat, Semenanjung Malaka, Indonesia, dan Australia di bagian timur, dan Samudra Selatan di bagian selatan.

4. Laut Karibia

Laut ini di bagian utara berbatasan dengan Kepulauan Antilles Besar, Kuba, Hispanida, Jamaika, dan Puerto Riko. Bagian Timur berbatasan dengan Kepulauan Antilles Kecil. Di selatan adalah Venezuela, Kolombia, dan Panama.

Di barat berbatasan dengan Kosta Rika, Nikaragua, Honduras, Guetemala, Belize, dan Semenanjung Yukatan. Titik terdalam terdapat pada Palung Cayman dengan kedalaman 250 ribu kaki di bawat permukaan laut.

5. Samudra Artik

Samudra ini merupakan yang terkecil dan memiliki kadar garam terendah di antara samudra lainnya. Karena tidak begitu luas, maka para ahli menganggapnya sebagai laut.

Laut yang termasuk di dalamnya adalah Siberia Timur, Chukchi, Barents, Beaufort, kara, Putih, dan Laptev. Untuk tanjung, yang termasuk Laut Artik, yaitu Baffin dan Hudson. Artik dihubungkan oleh Teluk Bering ke Samudra Pasifik, dan ke Samudra Atlantik dengan adanya dua, yaitu Laut Greenland dan Labrador.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar